Keranjang

Total (0 item)

Rp 0

Checkout
Rekomendasi Loyang kue Terbaik 2023
  • 20 Juli 2023
  • Tips & Trik

Rekomendasi Loyang kue Terbaik 2023

Loyang merupakan alat yang sangat diperlukan untuk membuat kue. Berdasarkan jenisnya, ada yang berbentuk bulat, maupun persegi. Ada juga jenis loyang yang dapat dibuka bagian bawahnya dan yang menyatu dengan pinggirannya. Bahan pembuat loyang kue juga ada berbagai macam, seperti aluminium, ataupun kaca.

Pada kesempatan ini, kami akan memperkenalkan 10 produk loyang kue terbaik yang dapat Anda gunakan sehari-hari. Selain itu, kami juga akan memberitahukan jenis-jenis loyang dengan lebih lengkap dan bagaimana cara memilih loyang yang baik. Mari baca artikel lebih lanjut untuk mengetahuinya!

Cara memilih loyang kue
10 Rekomendasi loyang kue terbaik
Kesimpulan

Cara memilih loyang kue

Apakah Anda ingin membuat kue chiffon yang dapat mengembang sempurna? Atau ingin membuat brownies panggang yang lezat untuk seluruh anggota keluarga? Loyang kue yang diperlukan untuk membuat keduanya cukup berbeda.

Untuk itu, Anda perlu untuk mengetahui beberapa poin penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli loyang kue. Hal ini untuk memastikan bahwa loyang kue tersebut akan terpakai karena sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilihlah ukuran loyang yang dapat digunakan dalam berbagai resep
Loyang kue memiliki berbagai ukuran. Jika Anda masih pemula dalam hal pembuatan kue, Anda tentu akan bertanya-tanya berapa ukuran loyang yang sebaiknya dibeli.

Jika Anda baru akan membeli untuk yang pertama kalinya, kami sarankan pilih ukuran yang akan dapat digunakan dalam berbagai resep pembuatan kue. Loyang yang biasa digunakan tersebut adalah yang berdiameter 20 cm, baik pada tipe bulat maupun persegi. Namun jika Anda ingin membuat kue chiffon, belilah loyang kue dengan diameter 17 cm agar kue dapat mengembang sempurna, dan dapat dipotong tepat menjadi 8 bagian.

Agak sulit untuk menyesuaikan bahan pembuat loyang dengan ukuran loyang yang diperlukan, karena hal tersebut merupakan tahap pembuatan kue tingkat lanjut. Untuk pemula jauh lebih baik memiliki ukuran loyang yang dapat digunakan untuk berbagai resep.

Cetakan kue dengan bagian bawah yang dapat dilepas atau yang menyatu
Salah satu momen yang cukup mendebarkan dalam pembuatan kue adalah proses mengeluarkan kue dari cetakannya. Bahkan jika Anda memanggang kue dengan sempurna, namun tidak dapat mengeluarkannya dengan baik, maka hasil akhirnya akan sedikit mengecewakan. Untuk hal ini, jenis loyang dengan tipe bagian bawah yang dapat dibuka atau bagian bawah yang menyatu dengan pinggirannya yang akan menentukan hasil akhir tersebut. Perbedaan antara keduanya akan kami jelaskan lebih lanjut.

Namun, apakah kemudahan dalam mengeluarkan kue dari loyang juga tergantung dari tipe kue yang dibuat? Well, mari baca lebih lanjut!

Tipe bagian bawah dapat dilepas

Yang pertama kali dilakukan untuk melepaskan kue dari loyang dengan tipe ini adalah melepaskan bagian pinggirnya terlebih dahulu dan membiarkan bagian bawah kue tetap menempel dengan bagian bawah loyang. Selanjutnya, Anda dapat melepaskan kue dari bagian bawah tersebut. Jika tidak dapat terlepas dengan sendirinya, maka Anda perlu bantuan pisau roti untuk memisahkan kue dengan bagian bawah loyang tersebut. Hati-hati dalam memisahkannya agar tidak merusak kue.

Loyang kue dengan tipe seperti ini biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibanding dengan tipe loyang dimana bagian bawahnya tidak dapat dilepas.

Tipe bagian bawah yang menyatu dengan pinggirannya
Tipe bagian bawah menyatu dengan pinggirannya
Untuk tipe loyang berikut ini, cara yang biasanya dilakukan agar dapat mengeluarkan kue dengan lebih mudah adalah dengan melapisi bagian bawah loyang dengan kertas roti atau baking paper sehingga kue tidak langsung menempel pada loyang. Kue akan dapat dikeluarkan setelah Anda mengetuk bagian bawah loyang beberapa kali. Jika Anda lebih menyukai harga yang lebih murah, loyang ini merupakan pilihan yang tepat.

Sebagai tambahan, jika Anda ingin membuat kue seperti cheese cake yang dibuat dengan cara au bain marie (merendam loyang yang berisi adonan dalam loyang lain yang berisi air panas), Anda harus menggunakan loyang ini agar air tidak merembes ke dalam adonan.

Ketahui karakteristik bahan pembuat loyang dan pilihlah yang paling sesuai
Bahan pembuat loyang kue ada beberapa macam. Kami akan menjelaskan poin-poin penting dari tiap bahan tersebut sehingga Anda dapat memilih bahan loyang kue mana yang paling sesuai untuk Anda.

Stainless, penghantar panas yang baik

Jenis bahan berikut ini merupakan penghantar panas yang baik, sehingga dapat membuat adonan cepat sekali matang dan dapat menjadi gosong. Namun, semakin sering menggunakannya, Anda akan menjadi semakin terbiasa dan dapat dengan mudah menanganinya. Loyang jenis ini mudah dirawat, tidak berkarat, dan juga cocok untuk pendinginan di dalam lemari es.

Timah, menghasilkan warna hasil panggangan yang cantik

Jenis loyang berbahan timah dapat membuat kue cepat matang dan warna hasil pangganganya pun indah, ini sebabnya banyak orang menggemarinya. Selain itu harganya juga terbilang murah. Namun, loyang jenis ini lebih mudah berkarat, sehingga Anda harus merawatnya dengan hati-hati. Bagi Anda yang mementingkan warna hasil panggangan yang cantik dan juga renyah di luar, Anda dapat memilih loyang dari bahan timah berikut ini.

Aluminium, bobotnya ringan, cocok untuk pembuatan kue chiffon

Bahan aluminium ini merupakan penghantar panas yang baik, sulit terbakar, dan bahannya juga ringan. Jika Anda ingin membuat kue chiffon, maka loyang aluminium adalah jenis loyang yang harus Anda gunakan. Ketika telah mengembang sempurna, kue tidak akan mudah jatuh ke bawah ketika didinginkan dengan cara terbalik.

Logam anti lengket, mudah dibersihkan

Bahan logam berikut biasanya telah memiliki anti lengket sehingga adonan akan mudah dikeluarkan dari loyang, dan juga loyang menjadi mudah dibersihkan karena kotoran mudah terlepas. Namun jika Anda tidak terlalu yakin, Anda tetap dapat menambahkan kertas roti. Bahan ini juga dapat menghantarkan panas dengan baik, sehingga Anda perlu berhati-hati agar kue tidak gosong. Jika Anda mencari loyang yang mudah untuk dibersihkan, maka loyang dengan bahan ini akan jadi favorit Anda.

Silikon, dapat melepas kue dengan lebih mudah

Bahan silikon merupakan bahan yang lentur, sehingga kue akan mudah terlepas dari loyang ini. Loyang berbahan silikon ini dapat digunakan pada microwave/oven, dan juga dapat digunakan pada freezer. Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan loyang ini adalah batas maksimal suhu panas yang dapat diterima, dan juga perlu untuk mengalasinya dengan loyang logam/aluminium agar lebih kokoh.

Kaca tahan panas, aman karena tidak bereaksi dengan zat hasil pemanggangan

Bahan kaca merupakan bahan yang aman karena tidak akan bereaksi dengan zat apapun. Karena penampilannya yang cantik, Anda dapat langsung menggunakan loyang kaca sebagai wadah saji di meja makan. Namun, bahan ini sulit menghantarkan panas, sehingga waktu memanggang yang diperlukan menjadi lebih lama. Jika Anda jarang membuat kue dan suka membuat masakan oven lainnya seperti macaroni schotel, loyang bahan kaca lebih direkomendasikan untuk Anda.